Ada Apa di Riau Expo 2018? - InfoPKU
Breaking News
Home » Berita » Berita Pekanbaru » Ada Apa di Riau Expo 2018?

Ada Apa di Riau Expo 2018?


Pergelaran tahunan Riau Expo 2018 resmi dibuka oleh Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Sabtu (3/10) malam. Bertempat di Kediaman Gubernur Riau, Jalan Diponegoro, Riau Expo berlangsung pada tanggal 3-9 November 2018.

Riau Expo kali ini mengusung tema Pictures of Riau “Melalui Riau Expo Kita Tingkatkan Tujuan Investasi, Pariwisata, dan Perdagangan di Provinsi Riau”. Dengan konsep yang menonjolkan penampilan beragam budaya Melayu Riau.

Pergelaran Riau Expo 2018 kali ini akan menampilkan parade busana melayu kontemporer dari perwakilan 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau, serta lomba gasing yang akan diikuti peserta dari dalam dan luar negeri.

Selain parade busana melayu dan lomba gasing tersebut, akan ada juga festival kuliner, lomba fotografi, festival kopi, cross cultural art performing suku dan daerah di Provinsi Riau, serta cross cultural art performing dari negara-negara ASEAN.

Sebagaimana diketahui, iven tahunan ini bertujuan untuk informasi mengenai investasi, perkembangan UMKM dan perindustrian, agar dapat menarik investor ke Riau. Terkait hal tersebut Pemerintah Provinsi Riau menargetkan perputaran uang di Riau Expo kali ini mencapai Rp 50 miliar.

Adapun peserta Riau Expo tahun 2018 sebanyak 100 peserta UMKM dan 196 peserta pameran. Para peserta Riau Expo kali ini terdiri dari instansi pemerintah mulai dari level kementerian, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, Kadin Pusat dan Daerah, negara tetangga di kawasan Asia Tenggara, Perguruan Tinggi, asosiasi bisnis dan perbankan, serta perdagangan.

Nah bagi Encik dan Puan yang penasaran ada apa saja di Riau Expo 2018, yuk simak penjelasannya di bawah.

Aneka Produk Unggulan Daerah

Sebagaimana diketahui, iven tahunan ini menjadi ajang promosi di Provinsi Riau untuk menunjukkan potensi daerah kepada masyarakat dan para calon investor. Hal tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pihak pemerintahan, baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau.

Sebanyak 36 stand milik OPD Provinsi Riau, dan 15 stand dari OPD Kabupaten/Kota di Provinsi Riau menghadirkan aneka produk unggulan daerah. Aneka kerajinan tangan, makanan khas daerah, hingga tawaran untuk berinvestasi. Selain stand milik Pemerintahan di Provinsi Riau, juga ada stand dari Kabupaten/Kota luar Provinsi.

Aneka Stand Milik Perusahaan

Seperti yang sudah-sudah, stand milik perusahaan swasta, BUMN, hingga BUMD menjadi stand favorit untuk dikunjungi. Karena para pengunjung dapat melihat berbagai produk yang telah dihasilkan perusahaan tersebut.

Sebanyak 48 stand milik perusahaan swasta, BUMN, dan BUMD dapat Encik dan Puan kunjungi satu per satu. Ada beberapa perusahaan terkenal yang mengikuti Expo ini, antara lain APRIL, Indah Kiat, Bank Riau Kepri, Jasa Raharja, dan masih banyak lagi.

Berburu Merchandise

Mungkin ini menjadi salah satu tujuan para pengunjung Riau Expo, yaitu berburu aneka merchandise milik beberapa perusahaan terkenal. Biasanya kita cukup mengikuti kuis yang diadakan, kalau beruntung bisa menjawab pertanyaan dengan benar tentu akan dapat hadiah berupa merchandise. Yang mengadakan kuis bukan hanya pihak perusahaan saja lho, ada beberapa stand milik pemerintahan, Lembaga Negara, dan stand milik Kementerian yang mengadakan kuis.

Layanan Samsat

Bagi Encik dan Puan yang ingin membayarkan pajak kendaraannya, di Riau Expo ada mobil Samsat Keliling lho. Apalagi saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sedang mengadakan penghapusan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) hingga 30 November mendatang. Jadi sebelum Encik dan Puan membayar pajak, tak ada salahnya mengecek biayanya. Caranya klik di sini. Sedangkan untuk persyaratannya silakan klik di sini.

Produk UMKM

Tak hanya menghadirkan aneka stand milik pemerintahan, pihak swasta, BUMN dan BUMD saja, di Riau Expo ini juga menghadirkan aneka stand yang menampilkan produk UMKM. Sebanyak 92 stand pelaku UMKM turut meramaikan ajang tahunan ini.

Wisata Kuliner

Jika bicara Expo tentunya tidak akan lengkap tanpa membahas kulinernya. Di sini Encik dan Puan dapat menikmati berbagai makanan dan minuman. Salah satu yang unik adalah Bakso Kaget yang berasal dari Solo. Penasaran ingin mencicipi makanannya satu per satu?

Mau Cari Rumah?

Ajang Riau Expo juga dimanfaatkan untuk mempromosikan perumahan murah yang disubsidi pemerintah. Bagi Encik dan Puan yang ingin mencari rumah, bisa berkunjung ke stand-stand perumahan di sini.

Otomotif

Sebanyak 6 stand otomotif hadir di sini. Lokasinya tak jauh dari panggung utama yang berada di tengah-tengah venue Riau Expo. Ada berbagai macam merk mobil hadir di sini. Tertarik ingin membelinya satu, Encik dan Puan?

Jadi sudah tahu ada apa saja di Riau Expo kali ini? Tertarik berkunjung ke sini? Yuk ramai-ramai ke Kediaman Gubernur Riau di Jalan Diponegoro.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila