28 September Ada Gerhana Bulan Darah

0
1409

gerhana bulan darah

Gerhana bulan darah diperkirakan akan terjadi pada tanggal 28 September 2015 ini. Gerhana bulan darah ini merupakan gerhana bulan yang langka.

Fenomena alam ini terbilang langka karena merupakan gabungan dari dua peristiwa alam, yakni gerhana bulan total serta supermoon.

Gerhana bulan total adalah sebuah fenomena alam dimana gerhana tersebut terjadi pada saat posisi Matahari, Bumi, dan Bulan sejajar. Karena posisi yang sejajar, maka Bumi menghalangi datangnya cahaya Matahari ke Bulan.

Supermoon merupakan bulan purnama yang mana posisinya berada di titik paling dekat dengan khatulistiwa. Saat terjadinya supermoon, diameter bulan akan terlihat 14 persen lebih besar daripada yang sebelumnya.

Karena fenomena alam ini merupakan kombinasi dari dua peristiwa alam, maka bulan akan terlihat lebih besar dan berwarna merah akibat gerhana.

Sayangnya fenomena alam yang langka ini hanya bisa dilihat oleh di benua Amerika, Eropa dan Afrika saja. Sebelumnya pada April yang lalu, juga ada gerhana bulan total.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.