Tips Aman Menggunakan Sabuk Pengaman Untuk Ibu Hamil

0
646

Menggunakan sabuk pengaman saat berkendara sangat penting untuk menjaga keselamatan dalam berkendara, termasuk Ibu hamil. Nah bagaimana caranya menggunakan sabuk pengaman untuk Ibu hamil?

Berikut ini adalah cara yang aman menggunakan sabuk pengaman untuk ibu hamil:

Posisikan Sabuk Pengaman di Bawah Panggul

Saat menarik sabuk pengaman dan akan menggunakannya, tariklah sabuk sampai kebagian bawah pinggang atau pinggul ibu. Posisikan sabuk pengaman atau seat belt serendah mungkin di bawah perut untuk menghindari janin terjepit atau terhimpit tali sabuk pengaman. Dengan posisi ini akan memudahkan ibu selama di perjalanan karena tidak akan merasa sesak dan terhindar dari perasaan tidak nyaman.

Pasang Sabuk Pengaman Hingga Menutupi Bahu

Saat menggunakan sabuk pengaman, pastikan tali sabuk melingkar harus berada di atas tulang selangka bawah leher dan berada di tengah-tengan payudara. Saat menggunakan, sabuk juga harus berada di sisi perut dan tempatkan pada pundak, bukan di leher. Pastikan dalam menggunakan sabuk pengaman sudah terpasang kencang dan tepat. Hal ini penting untuk dilakukan, karena jika terjadi kecelakaan maka kondisi plasenta tetap aman dan bayi tidak terhimpit.

Atur Ulang Jika Sabuk Kurang Nyaman

Saat sedang di perjalanan, jika sabuk bergeser atau berubah posisi dan membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Ada baiknya berhenti terlebih dahulu untuk mengatur ulang posisi sabuk pengaman.

Gunakan Adaptor Sabuk Pengaman

Kondisi hamil besar tentunya membuat ibu hamil menjadi kurang nyaman untuk melakukan aktifitas termasuk saat berkendara dan harus menggunakan sabuk pengaman. Nah, jika masih belum merasa nyaman dengan posisi sabuk atau terasa sesak dan sempit, ibu bisa menggunakan adaptor sabuk pengaman untuk ibu hamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.