10 Tips Menjaga Kedekatan dalam LDR - InfoPKU
Home » Cinta » 10 Tips Menjaga Kedekatan dalam LDR

10 Tips Menjaga Kedekatan dalam LDR


Long Distance Relationship atau yang biasa disingkat dengan LDR, merupakan hubungan cinta jarak jauh. Tak jarang dalam hubungan ini menjadi sedikit renggang karena jarang bertemu meski sebenarnya dalam hubungan ini dapat membentuk ikatan cinta yang lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang jaraknya berdekatan.

Keintiman merupakan kunci dalam setiap hubungan atau pernikahan yang sehat. Tanpa menghabiskan waktu bersama secara regular, kita kehilangan seluruh detail-detail kecil yang membantu kita untuk lebih mengenal pasangan.

Kita tidak mengetahui stasiun radio apa yang didengarnya di mobil atau apakah dia mengubah rutinitas paginya. Kita mungkin tidak mendengar kabar tentang adanya teman baru di kantornya atau program TV terbaru apa yang disukainya saat ini.

Mungkin kita beranggapan bahwa detail-detail tersebut terlihat tidak begitu penting, namun sebenarnya dengan mengetahuinya dapat membuat kita merasa lebih dekat dengan pasangan dan berguna untuk membangun keintiman.

Demikian juga, keintiman secara fisik, kenyamanan dan keakraban yang didapat dari kedekatan satu sama lain secara fisik -baik itu melalui pegangan tangan atau pelukan- merupakan hal yang paling penting.

Pasangan yang menjalani LDR mempunyai waktu kebersamaan yang sangat terbatas, sehingga membatasi mereka untuk membangun hubungan yang intim secara fisik.

Beberapa pasangan LDR bisa melakukan komunikasi yang sering dengan durasi yang cukup lama untuk membantu mereka mengatasi tantangan tersebut.

Kenyataannya, beberapa dari mereka dapat mengenal satu sama lain cukup baik karena percakapan yang panjang hingga larut malam. Namun tetap saja, tanpa menghabiskan waktu bersama, keintiman sulit untuk dibangun.

Berikut adalah 10 tips bagi pasangan yang menjalani LDR untuk membangun kedekatan, meskipun tetap berjauhan:

  1. Saling mengunjungi, namun tidak hanya satu sama lain. Kunjungilah rumah pasanganmu

Mengunjungi satu sama lain merupakan kuncinya, jadi kunjungan secara reguler merupakan suatu keharusan. Namun, pastikan untuk menghabiskan waktu bersama di rumahnya daripada hanya liburan akhir pekan bersama. Liburan memang baik, tapi hal tersebut tidak bisa membuat kita mengenal pasangan secara mendalam melalui kehidupannya sehari-hari. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa keintiman dibangun melalui keakraban yang mendalam dengan pasangan. Nah, keakraban tersebut dimulai dari rumah.

  1. Selalu berbagi

Hal yang paling penting yang bisa dilakukan untuk membangun keintiman saat sedang berjauhan adalah dengan berbicara. Ceritakan tentang harimu, dan tanyakan pula tentang harinya. Ceritakan secara mendetail, meskipun hal tersebut terlihat tidak penting.

  1. Video chat… setiap hari

Meskipun jadwal kalian sangat padat, namun sempatkan untuk melakukan video chat setiap harinya. Dapat melihat satu sama lain setiap hari, walaupun hanya 5 menit, sangat membantu dalam membangun keintiman. Hubungan visual yang konsisten menunjang keakraban dan kepercayaan diri dalam mengenal satu sama lain.

  1. Sering berkirim foto

Berfoto disela-sela harimu dan langsung mengirimkannya pada pasangan merupakan cara cepat dan mudah untuk berbagi hal-hal yang dialami setiap harinya. Hal ini juga menambah keterbukaan dalam kehidupan harianmu, yang mana merupakan faktor penentu dalam menjaga kepercayaan.

  1. Selalu ada keinginan untuk belajar

Tidak penting seberapa banyak kalian mencoba membangun keintiman, hidup berjauhan berarti akan ada hal-hal yang mungkin tidak kamu ketahui tentang pasanganmu. Apakah itu tentang musik favoritnya atau tentang proyek terbarunya, akan selalu ada sesuatu yang belum pernah kamu dengar. Akui hal tersebut dan jangan biarkan ia mengalahkan banyaknya yang sudah kamu ketahui. Cobalah untuk tidak cemburu dengan orang-orang yang berada dalam keseharian pasanganmu, yang mungkin lebih banyak tahu setiap detailnya.

  1. Menghargai setiap usaha yang dilakukan

Hubungan jarak jauh biasanya membutuhkan usaha yang lebih dari setiap pasangan untuk menjaga agar hubungan nya tetap terjalin dengan baik. Kamu harus meluangkan waktu satu sama lain saat sedang sibuk, tetap mengobrol dengannya meskipun kamu sedang tidak ingin, dan menyisihkan uang dan waktu untuk perjalanan. Menyadari dan menghargai betapa pentingnya hal tersebut akan membuat hubungan lebih sehat dan intim.

  1. Aturlah agar setiap berkunjung menjadi lebih intim

Untuk membuat waktu yang kalian habiskan bersama bisa benar-benar berkualitas, cobalah untuk merencanakan sebuah tujun untuk meningkatkan kedekatan setiap kali berkunjung. Misalnya, akhir pekan ini kalian habiskan dengan menunjukkan kepada pasanganmu tentang detail-detail rutinitas harianmu. Kunjungan berikutnya mungkin bertemu dengan teman-teman sepermainan di lingkunganmu. Saat kamu merencanakan kunjunganmu dengan niat untuk meningkatkan keintiman, kunjungan tersebut mungkin akan terasa lebih bermakna dan membawamu lebih dekat dari sebelumnya.

Daripada mencoba melupakan tentang keintiman secara fisik yang tidak bisa didapatkan karena terpisah, berfantasilah tentang hal tersebut. Biarkan pikiranmu membangun cerita-cerita yang bisa dibagi dengan pasanganmu dan cobalah untuk mewujudkannya pada pertemuan selanjutnya.

  1. Mulai menghitung mundur

Saat kamu memilih untuk menjalani hubungan jarak jauh, putuskan berapa lama kamu sanggup hidup berjauhan. Bayangkan kehidupan bersama di masa depan dan buatlah rencana untuk mencapainya. Mulailah mengambil langkah-langkahnya dan usahakan tetap pada rencana.

  1. Nikmati waktu sendirimu.

Daripada berfokus pada seberapa sering kamu ingin membagikan setiap momen dengan pasanganmu, hagailah waktu sendiri yang kamu miliki saat kalian berdua berjauhan. Lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia, dan ceritakan pada pasanganmu tentang hal tersebut. Semakin kamu bahagia dan nyaman, semakin baik kamu berkomunikasi dengan pasanganmu, dan hubungan kalianpun akan semakin intim.

About Nur Hasanah

impossible=i'm possible