10 Tips Ampuh untuk Melupakan Mantan
Breaking News
Home » Cinta » 10 Tips Ampuh untuk Melupakan Mantan

10 Tips Ampuh untuk Melupakan Mantan


Setiap kegagalan cinta pasti menyakitkan secara emosional, rasanya ingin melupakan mantan dengan segera. Bagi mereka yang merasa begitu patah hati, ia akan sangat marah pada dirinya sendiri kenapa begitu bodoh dan hampir membenci dunia kenapa begitu tidak adil.

Bahkan ia merasa begitu tersiksa, ingin menangis sepanjang hari. Setiap mendengar lagu-lagu cinta akan semakin galau sehingga begitu ingin move on dan melupakannya secepat mungkin (seandainya saja bisa terjadi esok pagi saat bangun pagi).

Setiap melihat, selalu ada dia karena begitu banyaknya kenangan. Semakin dicoba untuk menghindarinya semakin gila rasanya. Hingga akhirnya mereka menyadari bahwa hal tersebut belum cukup untuk sekedar move on. Mereka harus melakukan sesuatu untuk benar-benar bisa lepas dari bayang-bayang sang mantan.

Sebelum membahas bagaimana cara melupakan mantan, ada baiknya kita jawab pertanyaan ini dulu; kenapa begitu sulit untuk melepaskannya? Meskipun saat kisah cinta kalian sudah menjadi sejarah, namun ikatan yang telah kalian jalin tidak semudah itu untuk dihapus dari pikiran. Apapun yang mengingatkanmu akan mantanmu bisa membuatmu terbawa perasaan atau istilahnya baper. Jadi, berikut ini 10 tips untuk move on dari mantan.

  1. Terima apa yang terjadi dan jangan baper.

Normal saja jika kamu merasa sedih, marah dan terluka setelah putus apalagi kalau penyebabnya adalah orang ketiga. Kamu akan marah untuk jangka waktu yang lama.

Namun jika kamu tetap marah, kamu hanya akan membuat dirimu stres dan dunia terasa akan semakin kecil. Kamu harus menerima bahwa hubunganmu telah berakhir karena hal tersebut merupakan langkah pertama untuk move on dan lepas dari mantan.

Sekali kamu sudah menerima, jangan dipikirkan lagi; kenapa ini bisa terjadi? Percayalah, jika terlalu dipikirkan hal itu hanya akan membuatmu semakin tersiksa. Kamu bisa memilih untuk menghindar memikirkannya yang dapat menyebabkanmu menderita. Hal itu tidak mudah, namun kamu bisa melakukannya.

Salah satu caranya bisa dengan menulis diari tentang perasaanmu. Tidak perlu bagus, cukup tumpahkan semua perasaanmu. Bayangkan jika kamu menulisnya, seluruh perasaan dan pikiran burukmu akan lepas dari tubuhmu dan akan tertinggal di secarik kertas.

  1. Lepaskan

Aturan setiap hubungan adalah jangan pernah terlalu lengket. Kamu harus belajar untuk melepaskan. Tidak mudah memang. Melepaskan merupakan hal yang paling penting dan fase paling sulit dalam setiap hubungan.

Ada terlalu banyak kenangan dan melupakan kenangan tersebut terasa seperti sesuatu yang tidak mungkin. Jadi, siapa yang tidak merasa sulit untuk melepaskan?

Kamu telah menginvestasikan begitu banyak waktu, uang, usaha dan air mata untuk membuat hubunganmu berjalan dan sekarang harus menghilangkannya dalam sekejab. Tentu saja itu bukanlah hal yang mudah.

Namun kamu harus memikirkan dirimu. Kamu harus menghormati dirimu lebih dari siapapun juga. Jangan terlalu terikat dengan seseorang yang tidak bisa melihat nilai sebenarnya dalam dirimu.

  1. Keluarlah dan aktiflah

Setiap orang pantas untuk menikmati waktu sendirinya dan saat kamu sendiri, kamu bisa berpikir dengan bebas namun jangan terlalu berlebihan. Jangan terlalu lama mendekam dirumah. Keluarlah. Nikmati dunia luar.

Bersosialisasilah dengan teman-temanmu. Hal ini akan memberikan semakin sedikit waktu untuk memikirkan tentang mantanmu. Berjemur dipantai atau pergi ke suatu tempat dengan keluargamu. Hal ini akan memberikanmu pandangan yang lebih baik tentang dunia.

Jangan lupa saat kamu hidup tanpanya hal itu tidak akan merusak hidupmu sekarang. Hidupmu tidak akan berakhir hanya karena mereka pergi. Tambahkan pula, olahraga, sinar matahari, dan udara yang segar akan membuatmu lebih sehat dan membuat tubuhmu merasa enak. Sesegera mungkin, hatimu juga akan merasa lebih baik.

  1. Jangan melihat kebelakang dan membayangkan “seandainya”

Saat hubungan putus, semuanya tidak akan pernah sama lagi tidak peduli seberapa keras kamu mencoba untuk menyatukannya kembali. Ada alasan kenapa hubungan tidak berjalan, dan sangat jarang hubungan akan berjalan pada kali kedua.

Jika penyebab putusnya bukan dari diri kalian berdua (seperti pekerjan atau hanya kesalahpahaman kecil), ini mungkin hal yang mudah jika situasinya berubah.

Namun jika kalian putus karena perbedaan prinsip atau perselingkuhan, kamu harus berpikir dua kali sebelum kembali dengan orang yang sama.

Kamu harus melihat didalam dirimua dan jujurlah. Jika kamu berpikir kamu masih bisa mempercayai orang tersebut dengan sepenuh hati silahkan lanjutkan.

Namun kamu harus berhati-hati. Jika sekali saja dia selingkuh darimu maka dia kan selingkuh lagi untuk selanjutnya. Lebih baik jika kamu tidak melihat ke belakang karena semakin sedikit konflik dan galau yang kamu rasakan maka kehidupan dan cintamu akan lebih baik.

  1. Buatlah kenangan-kenangan baru

Untuk membuat mantanmu keluar dari sistem pikiranmu, kamu harus menciptakan kenangan-kenangan baru. Jika dulu kamu mengunjungi beberapa tempat bersama-sama, kamu harus mencoba pergi ke tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Namun lebih baik lagi jika kamu pergi ketempat yang pernah kalian kunjungi sebelumnya. Namun kali ini pergilah dengan mereka yang kamu cintai dan teman-temanmu. Makanlah makanan yang belum pernah kamu coba.

Cobalah olahraga yang berbeda. Lakukan sesuatu yang rasanya mustahil kamu lakukan seperti bungee jumping, skydiving, panjat tebing ataupun yang lainnya. Jika kamu membuat kenangan baru, kamu akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk melupakan mantanmu.

Seiring berjalannya proses tersebut, kamu akan menemukan potensimu yang sebenarnya. Ternyata banyak lagi hal yang kamu mampu lakukan, padahal sebelumnya kamu tidak pernah berpikir sedikitpun untuk mencobanya.

  1. Perbaiki dirimu

Kamu single. Inilah saat terbaik bagimu untuk fokus pada dirimu. Sekarang seluruh uang dan waktumu adalah milikmu. Jangan merasa takut atau bersalah untuk menghabiskannya.

Pergi ke spa untuk merawat diri atau ke mall untuk belanja baju, sepatu atau make up baru. Make over dirimu, buatlah imej baru bahwa kamu sekarang adalah perempuan yang mandiri dan kuat.

Cobalah mengikuti kursus memasak atau pelajari sesuatu yang baru. Manjakan dirimu dengan aktivitas seperti yoga, berenang, bersepeda, ataupun seni.

Saat kamu memperbaiki dirimu, kamu akan membangun kepercayaaan diri yang telah rusak karena hubungan masa lalu. Jika kamu percaya diri maka kamu akan merasa lebih baik dan akan terlihat lebih menarik.

  1. Hindari berhubungan dengan mantan sebisa mungkin

Mantanmu mungkin masih ingin menhubungimu setelah putus. Jika hal itu terjadi, hal ini pasti akan membuatmu semakin sulit untuk melupakannya.

Kamu bisa mengganti nomormu, memblokir nomornya atau menghapus nomornya dari daftar kontakmu. Jika kamu sudah terlanjur hafal nomornya, kamu harus benar-benar mendisiplinkan dirimu dan berusaha sebaik mungkin untuk tidak menghubunginya.

Unfollow atau block mantanmu di semua akun sosial media dan hapus semua pesan dan email lamamu jadi kamu tidak akan menghabiskan waktu yang lama untuk melupakannya.

Buat alamat email baru bahkan bisa jadi lebih efektif. Dorongan untuk menghubunginya perlahan-lahan akan menghilang hingga kamu benar-benar melupakannya.

  1. Rubahlah gaya hidupmu

Buatlah daftar tentang hal-hal yang ingin kamu lakukan dengan hidupmu. Hal apa saja yang tidak bisa kamu lakukan dengannya? Apakah dia benci naik perahu karena mabuk laut? Pergilah naik kapal pesiar. Apakah dia menjelingkan matanya saat kamu ingin pergi menari? Ambillah kelas tari.

Bersihkan kamarmu dan buang semua hal yang berhubungan dengan mantanmu seperti album foto, hadiah darinya, bunga yang diberikannya yang masih kamu simpan sebagai kenang-kenangan, surat dan kartu ucapan ulang tahun.

Itu memang tidak mudah. Namun kamu harus move on, dan membuang hal-hal tersebut akan membantumu melupakannya lebih cepat. Tantang dirimu untuk kuat dan tegar, dan kamu akan terkejut betapa mudahnya dan bermaknanya jika kamu telah berhasil.

  1. Lihatlah hal baik dalam dirimu

Tidak ada hal yang mustahil jika kamu benar-benar ingin move on, namun kamu harus membantu dirimu sendiri. Buatlah daftar hal-hal buruk tentang mantanmu, hal yang membuat kamu tidak tahan dengannya.

Carilah alasan-alasan kenapa kalian tidak harus kembali bersama. Kemudian hitunglah seluruh hal-hal baik tentang dirimu, kualitas yang membuat dirimu spesial dan pantas untuk mendapatkan cinta yang lebih baik.

Buat daftar 100 kualitas terbaikmu. Jangan berhenti sampai kamu mencapai angka 100. Dengan menuliskannya akan lebih membantumu dala meyakinkanmu bahwa kamu telah membuat keputusan yang tepat.

  1. Temukan cinta baru

Ini merupakan cara yang paling utama untuk melupakan mantan. Meskipun hubungan masa lalumu tidak berjalan baik, bukan berarti kamu harus berhenti mencintai.

Cobalah untuk tidak menutup hatimu untuk kemungkinan baru akan cinta yang lebih baik, lebih kuat dan lebih besar dari sebelumnya. Pasti ada seseorang yang tepat untukmu, seseorang yang akan bersyukur memilikimu, seseorang yang akan menghargaimu dan menghormatimu lebih dari siapapun.

Kamu akan menemukan cinta baru yang akan membuatmu semakin dewasa dan menginspirasi dalam setiap harimu. Siapa tahu, orang berikutnya bisa jadi seseorang yang memutuskan untuk menghabiskan sisa hidupnya denganmu.

Jangan terlalu memikirkan cinta yang telah berlalu, percayalah bahwa ada seseorang di luar sana yang menunggumu dan akan menemukanmu tidak peduli apapun itu.

Bersyukurlah dan belajarlah dari masa lalu dan gunakan hal tersebut untuk menjadikanmu lebih baik dan lebih dicintai. Sadari bahwa ada banyak orang yang berbeda-beda yang dimaksudkan untuk dipertemukan dengan kita.

Beberapa dari mereka hanya singgah untuk memberikan pelajaran hidup, beberapa lagi akan membuat kita lebih kuat, beberapa dimaksudkan untuk menunjukkan kepada kita dunia yang sebenarnya dan yang lain akan tetap bersama kita selamanya. Lebih cintai dirimu dan kamu akan melihat bahwa cinta baru akan datang sesegera mungkin.

About Nur Hasanah

impossible=i'm possible